Home Sakinah LifeStyle KPI Pusat Kembali Tegur Berita Islam Masa Kini

KPI Pusat Kembali Tegur Berita Islam Masa Kini

646
0
Berita-Islami-masa-kini-di-Trans-TV
Berita-Islami-masa-kini-di-Trans-TV

Berita Islam Masa Kini sebuah acara yang tapil di salah satu stasiun tv swasta Nasional Acara bernuansa Islami, acara tersebut kembali kena tegur KPI Pusat. Alasannya karena pada episode yang tayang pada 6 Oktober, acara yang di host si oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Adya Mecca yang mengangkat topik cukup sensitif.

kelihatanya ada cuplikan sebuah video kecelakaan yang korbanya adalah anak kecil, padahal acara tersebut tayang di Trans TV pukul 16:55 WIB.

“Berita Islami Masa Kini, yang tayang di stasiun TRANSTV tanggal 6 Oktober 2015 jam 16 lewat 55 WIB itu tidak memperhatikan aturan tentang perlindungan anak-anak dan remaja yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012,” teguran KPI Pusat. “Program tersebut mengangkat tema, “kelalaian orangtua yang berakibat fatal” dengan menampilkan beberapa cuplikan video anak kecil yang kepalanya terjepit di pintu, tenggelam di kolam serta terjatuh dari eskalator. KPI Pusat menilai tayangan eksplisit tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta kengerian bagi pemirsa yang menyaksikan acara berita Islam Masakini tersebut.”

Sebelumnya, Berita Islam Masa Kini juga pernah di tegur KPI. Pad acara yang tayang pada 1 September 2015, Tenku Wisnu dan Zaskia Adya Mecca mengatakan tentang kesalahan pada pengamalan surat Al-Fatihah di antaranya mengirimkan Al-Fatihah untuk orang yang meninggal. Menurut KPI, hal itu dapat menyinggung serta menyebabkan kesalahpahaman karena ada perbedaan pandangan serta paham dalam agama Islam. Seharusnya tema sensitif itu harus ditampilkan dengan hati-hati.

KPI Pusat telah mencatat acara Berita Islam Masa Kini, sudah 2 kali mendapatkan teguran yang sama. Bukan tidak mungkin acara tersebut akan mendapat sanksi berat bila sering melanggar. “Sanksi Administratif Teguran Tertulis Nomor 635/K/KPI/06/15 tertanggal 23 Juni 2015 dan Sanksi Administratif Teguran Tertulis Kedua Nomor 913/K/KPI/09/15 tertanggal 4 September 2015, keduanya atas pelanggaran terhadap penghormatan nilai-nilai agama.Jika di kemudian hari kembali ditemukan pelanggaran, maka KPI Pusat dapat meningkatkan sanksi administratif sesuai ketentuan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012,” pada keterangan KPI Pusat. (tw)

Videonya Berita Islam Masa Kini Bisa di lihat disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here